3 Srikandi Pendidikan Indonesia

Tokoh 0

Raden Ajeng Kartini
Raden Ajeng (R.A.) Kartini lahir di Mayong (Jepara), pada tanggal 21 April 1879. Hari kelahirannya ini sampai sekarang terus diperingati sebagai hari kartini. Beliau terkenal sebagai seorang tokoh yang dengan gigih memperjuangkan emansipasi wanita, yakni suatu upaya memperjuangkan hak-hak wanita agar dapat sejajar dengan kaum pria.

Perjuangan emansipasi wanita yang dilakukan oleh R.A. Kartini tersebut disalurkan melalui pendidikan, yakni dengan mendirikan sekolah khusus kaum wanita. Jenis sekolah yang dirintis dan didirikan oleh R.A. Kartini adalah:

  1. Sekolah Gadis di Jepara (1903)
  2. Sekolah Gadis di Rembang
Pada dasarnya apa yang dicita-citakan dan dilakukan oleh Kartini hanyalah sebagai perintis jalan yang nantinya harus diteruskan oleh “Kartini-kartini” baru. R.A. Kartini meninggal dalam usia cukup muda yaitu empat hari setelah ia melahirkan, tepatnya tanggal 17 September 1904.

Untuk menghormati cita-cita Kartini, pada tahun 1913 didirikan Sekolah Rendah untuk anak-anak perempuan di beberapa kota besar, yaitu dengan naka Sekolah Kartini. Bahkan karena besarnya jasa-jasa Kartini tersebut W.R. Supratman mengabadikan namanya dalam satu buah lagu karangannya yang berjudul “Ibu Kita Kartini”.

Rate this article!
author

Author: 

Prinsip yang selalu saya pegang, setiap orang mempunyai celah dan peluang untuk mengorbitkan dirinya sendiri, jika orbit yang kita telusuri jauh dari jati diri, maka mencari celah adalah jalan terbaik untuk mengorbitkan diri sendiri tanpa harus ikut orbit orang lain. Tak mesti menyaingi kecerdasan orang lain untuk bisa sejajar dengan orang-orang cerdas, cukup menjadikan kekurangan sebagai cerminan dan keunikan sebagai kelebihan yang tak dimiliki orang lain adalah sebuah kecerdasan yang tak semua orang punya.

Related Posts

Leave a Reply