Kemdikbud Bagikan Kuota Gratis untuk 10 Ribu Guru di Indonesia

Berita 2

Google dan Kemendikbud bekerja sama dengan Telkomsel, Indosat, XL, Tri, dan Smartfren melalui kampanye Mengajar dari Rumah menyediakan paket data gratis selama 90 hari bagi 10.000 pengajar via Guru Berbagi dan REFO.

Beirkut ini informasi lengkap yang Cetelogi lansir dari Tirto.ID

Program ini untuk memudahkan guru mengajar dari rumah. Iwan Syahril, Ph.D selaku Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Rabu (13/5/2020) mengatakan kampanye itu merupakan sebuah inisiatif positif.

“Mengajar dari Rumah bersama portal Guru Berbagi merupakan perwujudan kolaborasi pemerintah dan swasta untuk mendukung guru,” imbuh Iwan.

Ia pun berharap dari inisiatif itu dapat memotivasi guru untuk melakukan pembelajaran yang bermakna bagi murid selama masa belajar dari rumah.

Mengajar dari rumah sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan pengajar di Indonesia selama pandemik corona atau ketika pemerintah mengimbau physical distancing.

Mulai Rabu (13/5/2020) hari ini, para pengajar dapat mendaftarkan diri di portal Guru Berbagi dengan mengirimkan esai reflektif (maksimum 1.000 kata) yang menguraikan pengalaman mereka mengajar dari rumah, dan bagaimana dampak yang dirasakan para murid mereka.

Guru Berbagi akan menyeleksi para pemenangnya dan paket data gratisnya akan ditambahkan ke nomor telepon yang dipakai masing-masing pengajar asalkan mereka memakai nomor dari kelima operator selelur itu.

Adapun paket datanya akan aktif selama 90 hari setelah didistribusikan dan para pengajar bisa mendaftarkan diri hingga 20 Mei 2020.

Berikut informasi penting terkait kampanye tersebut:

Syarat:

  • Berprofesi sebagai guru
  • Memiliki akun di portal Guru Berbagi dengan SIMPKB/SIMPATIKA

Ketentuan Artikel:

  • Tulis artikel tentang refleksi pembelajaran sebanyak antara 300-1.000 kata
  • Unggah RPP yang menjadi dasar refleksi di portal Guru Berbagi
  • Tulis refleksi pembelajaran atau praktik baik Anda dalam menagajar jarak jauh (berdasarkan RPP yang sudah diunggah)
  • Unggah artikel Anda paling lambat tanggal 20 Mei 2020
  • Kuota internet 30GB gratis untuk pengirim artikel terpilih

Tentang Refleksi:

  • Bagaimana strategi pembelajaran daring yang Anda lakukan? (apa topiknya, tujuannya, dan strateginya?)
  • Bagaimana reaksi/pendapat murid-murid Anda atas proses pembelajaran tersebut? Mengapa murid-murid Anda berpendapat seperti itu?
  • Apa refleksi Anda terhadap proses pembelajaran tersebut? Adalah hal baru yang Anda pelajari dari proses tersebut?
  • Adalah hal-hal yang bisa diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Untuk mendaftar di portal Guru Berbagi silakan kunjungi tautan ini. Isi data-data yang dibutuhkan pada proses registrasi.

Bagi yang sudah memiliki akun GURU SIMPKB, akun Program Organisasi Penggerak atau akun SIMPATIKA tak perlu registrasi silakan login dengan klik atau ketuk tombol MASUK.

Di sisi lain, bentuk dukungan Google pada kampanye Belajar dari Rumah diwujudkan dengan meluncurkan program seperti Mengajar dari Rumah, menyediakan satu domain untuk mengakses G Suite for Education bagi 1,8 juta siswa, termasuk menggratiskan fitur premium Google Meet.

“Kami berharap paket data gratis ini juga bisa membantu mereka,” kata Danny Ardianto, dari tim Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik di Google Indonesia.

Tags:

Related Posts

2 Responses

  1. author

    Enjang WitarsaJune 9, 2020 at 19:49Reply

    really a professional blogger

Leave a Reply